Alat Kontrol Kamera Pengintai (CCTV)

CCTV adalah perangkat kamera elektronika untuk menangkap gambar pada area tertentu. CCTV analog bisa langsung dihubungkan ke TV untuk ditonton memakai kabel coaxial (sperti kabel antena TV). Gambar dari beberapa CCTV analog bisa disimpan atau direkam secara terus menerus (realtime) memakai alat elektronika yang biasa disebut DVR (Digital Video Recorder).

jaringan nvrTeknologi terbaru CCTV adalah bekerja secara digital pada jaringan data berbasis Internet Protocol (IP) yaitu IP-CCTV. NVR (Network Video record) adalah perekam gambar yang ditangkap IP-CCTV. Kedua perangkat tersebut, biasa dikoneksikan memakai kabel data UTP / STP (misal AWG – merek Belden Cat 5e/6).

DVR dan NVR ada dua tipe, yang bekerja tanpa komputer (stan alone) dan berupa Com-Card yang harus ditancapkan di expansion-slot PC desktop. Lama perekaman DVR/NVR, tergantung kapasitas penyimpannya yaitu HDD (hard disk) yang terpasang di DVR atau NVR.

NVR jelas memiliki output yang support jaringan berbasis Internet Protocol (IP), tetapi banyak juga DVR memiliki jalur output yang suport teknologi IP. Dengan output berbasis IP (ditandai) maka dengan mudah dikoneksikan jaringan internet sehingga mudah dipantau atau direkam dari jarak jauh (remote acess).