Public Address Sound System

Perakitan Main Unit Sound System, Public Adress, Car Call, dan Message Emergency, R.Kontrol Hotel Marriot Yogya.

PA system adalah sistem tata suara untuk mengatasi area publik yang luas, misal: bandara, hotel bertingkat, mall, atau area luas lainya.

Karena luasnya ini, mengharuskan adanya pemetaan jaringan instalasi kabel speaker dengan banyak zona speaker. Sehingga dengan mudah menentukan grup titik sepeaker mana yang harus dihidupkan atau dimatikan untuk tujuan fungsi tata suara tertentu.

Tata suara standar untuk area publik meliputi: BGM (background music), emergency (evacuate), dan paging microphone (misal: car call, bell boy, dan information).


Berikut Uraian Singkat
Berdasar Pengalaman Proyek Total
PA System Hotel Marriot Yogyakarta


 

 

 

 

 

 

PRE-AMP BGM

Yaitu perangkat sumber musik (Audio Line In) sebelum dikuatkan atau diatur tone nya. Biasanya berupa: FM Tuner, USB, CD Player, MMC/SD, atau PC audio line out.

MICRPHONE

Biasanya untuk keperluan PA system, dipilih yang tipe mic-selector (paging mic), sehingga dengan mudah melakukan pemanggilan lewat pengeras suara untuk zona sepeaker tertentu misal area parkir (car call dan bell boy).

 

MESSAGE EVACUATE MACHINE

Yaitu mesin pembangkit pesan evakuasi jika terjadi kondisi darurat kebakaran. Mesin ini menerima triger dari mesin panel utama perangkat fire-alarm (MCFA). Dan biasanya ada 4 kondisi  tombol pesan: alert, evacuate, false, dan clear.

Ketika pesan diaktifkan maka akan mentriger SELECTOR pada posisi ALL SELECT sehingga menjamin bahwa semua zona speaker mendengarkan pesan mesin atau pun dari mic fire-man.

MIXER

Berbagai sumber suara seperti mic dan pre-amp BGM, masuk ke perangkat MIXER, kemudian diatur tone kontrol suaranya. Untuk keperluan PA, perangkat dipilih yang otomatis punya fasilitas sekala perioritas keluaran misal: message evacuate > microphone > BGM.

SELECTOR – GRUP ZONA

Dengan perangkat ini, sangat memudahkan menghidup matikan BGM (background music)  ke zona speaker tertentu. Selektor ini merupakan perangkat distribusi keluaran (output) setelah sumber suara diperkuat oleh perangkat amplifier.

AMPLIFIER

Yaitu mesin penguat suara dari line-out nya MIXER, dan line-out dari AMPLIFIER akan dikonekan ke line-in nya SELECTOR. Karena 1 selektor, dibebani sejumlah speaker yang bisa jadi terdiri banyak zona speaker yang digabung, maka perhitungan total daya speaker harus disesuaikan dengan kemampuan daya maksimal AMPLIFIERnya.

SPEAKER

Berbagai tipe speaker: horn, wall series speaker, box speaker, ceilling speaker, fire dome speaker, dll. Untuk keperluan PA lebih aman jika speaker yang dipasang dipilih yang dilengkapi switching-daya/impedansi agar memudahkan penyesuaian (matching),  atau speaker high impedance.

Keuntunganya speaker dilengkapi switching impedansi? Daya amplifiernya bisa jauh lebih besar dari total daya speaker, karena daya dari amplifier yang masuk ke speaker akan dibatasi oleh Trafo Protektor  (switching) pembatas daya yang terpasang di speaker.

Namun, perlu diperhatikan jika memakai speaker low impedance, maka idealnya daya amplifier sebanding dengan total daya speaker. Karena bila daya amplifier lebih besar dari daya speaker, bila setting volume over, tentu bisa merusak speaker (spool terbakar).

Demikian… info proyek: 081 225 98765.