Pekerjaan MEP Gedung

Instalasi Modul Tamper Switch Hotel Marriott Yogya

Pekerjaan proyek gedung meliputi devisi: struktur, arsitektur, dan Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP).

Instalasi Kabel Arus Lemah (Fire Alarm dan Sound System) – di proyek gedung Hotel Marriott Yogya

Satu pekerjaan dengan lainya saling terkait, sehingga bagi kontraktor/subcon sangat terkuras pikiran dan fisiknya karena semua berpacu untuk mengikuti skedul di bawah pengawas pelaksana masing-masing devisi. Apabila salah satu divisi pekerjaan telat, divisi pekerjaan lain akan terkena dampaknya.

Berikut ini, secara ringkas apa saja jenis pekerjaan MEP (mekanikal elektrikal plumbing) dalam proyek gedung.

Pekerjaan elektrikal (arus kuat) adalah pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi listrik. Pekerjaan elektrikal mencakup panel TM & Transformer (panel tegangan menengah, PUTM), panel listrik tegangan rendah (PUTR), panel distribution box (IDP/SDP/SSDP), kabel daya dan instalasi penerangan, armatur lampu penerangan, saklar, stop kontak dan key tag, instalaso stop kontak, grounding elektrikal dan elektronik, dan sistem penangkal petir.

Perakitan Main Unit Sound System Hotel Marriott Yogyakarta

Pekerjaan elektronik (arus lemah) adalah pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi sistem-sistem seperti:  fire alarm system, sistem tata suara, sistem telepon, sistem data (software dan hardware), sistem cctv, dan sistem MATV. Untuk gedung rumah sakit biasanya ada tambahan Nurse Call.

Supplay, Instalasi, Koneksi dan Teskom Jaringan Telepon di Box MDF Hartono Mall Yogya

Pekerjaan Mekanikal adalah pekerjaan yang berhubungan dengan alat mesin besar seperti Lift dan ekskalator.

Plumbing adalah pekerjaan pemipaan yang terdapat pada bangunan gedung seperti: pipa untuk air bersih, air kotor, pipa ventilasi, dan air hujan. Pada pekerjaan pemipaan ini biasanya menggunakan material pipa PVC, pipa PPR, atau pipa galvanis. Untuk air bersih dan air panas/dingin biasanya menggunakan pipa PPR.

Pemadam Kebakaran/Fire Hydrant adalah pekerjaan MEP yang masih berhubungan dengan pemipaan air khususnya untuk keperluan pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran. Jenis pekerjaan ini biasanya menggunakan pipa besi SCH 40 untuk mengalirkan air. Sperti pipa untuk mainline, cabang dan droperan sprinkler.

Sistem dari pekerjaan pemadam kebakaran pada bangunan besar biasanya berkolaborasi dengan pekerjaan elektrikal terutama Fire Alarm. Contoh: pemasangan modul interface (detektor) Fire Alarm yang khhusus untuk  flow-switch control pada pipa cabang atau main-line sprinkler.

MVAC adalah pekerjaan instalasi AC (air conditioner) yang berhubungan dengan sistem AC misal model split wall atau VRV (Variable Refrigerant Volume).

Itulah beberapa contoh bagian pekerjaan MEP. Semoga manfaat.